22 Juli 2013

Sajak-Sajak Sang Duli dalam Debu dan Abu



Oleh Frans Anggal



AKU DEBU

Ber-debu aku karena abu
Ber-abu aku karena rapuh
Ber-debu aku dalam peluh
Ber-abu aku dalam keluh
Rabu Abu, aku debu
Abu Rabu, aku rapuh
Tuhanku, bersihkan aku
Sendiri, aku tak mampu

Ende, 9 Maret 2011



DULI

Rabu Abu kembali
Ingatkan aku lagi:
Aku hanya duli
Tapi Engkau peduli
Aku hanya ingat diri

Ende, 22 Februari 2012



KAU & AKU

Di telapak-Mu
Aku debu
Di setapak-Mu
Aku abu

Kebaslah kaki-Mu
Luruh terbanglah aku
Hapuslah jejak-Mu
Lenyap hilanglah aku

Tapi yang kutahu
Engkau tak begitu
Meski tak pantas
Aku tak Kau lepas

Ende, 1 Fabruari 2013



TEKAD (BANGKIT)

tekad ini rajawali terbang
yang meliuk, melayang
antara langit mengangkang
dan laut yang garang

badai langit pongah
amuk laut marah
tak bikin patah
ini gairah

aku bersumpah
tak menyurut langkah
sampai aku mati lelah
bukan karena menyerah

Ende, 8 Maret 2013


Catatan: “Sajak-Sajak Sang Duli dalam Debu dan Abu” dimuat pada Harian Umum Flores Pos edisi Kamis, 28 Maret 2013, halaman 10.

Tidak ada komentar: