10 Maret 2009

Selamat Datang IAT

Oleh Frans Anggal

Fokker 50 milik Maskapai Penerbangan Indonesia Air Transport (IAT) sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara Haji Hasan Aroeboesman, Ende. Setelah uji coba pendaratan ini, selanjutnya untuk penerbangan reguler IAT menggunakan ATR 42 dengan kapasitas 42 kursi. Penerbangan dijadwalkan empat kali seminggu dengan rute Ende-Labuan Bajo-Denpasar-Mataram pergi-pulang. Rute ini dipilih karena paket wisata Komodo dan Kelimutu. Pemkab Ende antusias. Penerbangan ini diharapkan menjawabi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat yang selama ini belum sepenuhnya bisa dilayani Merpati dan Trigana Air (Trans Nusa).

Kedatangan IAT ke Flores merupakan bagian dari pengembangan usaha IAT sejak 2007 yang merambah bisnis penerbangan reguler dengan 5 hingga 10 rute di kawasan Indonesia timur. Seperti dilansir media dua tahun silam, untuk pengembangan ini IAT menyediakan dana investasi 6 juta dolar AS. Sebagai langkah awal IAT melayani rute Denpasar-Mataram dengan dua unit fixed wing ATR 42 dari Denmark seharga 3 juta dolar AS per unit. Ini pesawat buatan Prancis. Usaha berkembang, kini IAT melebarkan sayap ke Flores. Ikon yang diusung adalah Kelimutu dan Komodo.

Dari sisi indikasi perkembangan arus penumpang dan wisatawan, pilihan IAT ke Ende dan Labuan Bajo sangat tepat. Menurut BPS Kabupaten Ende, jumlah penumpang angkutan udara domestik yang datang dan berangkat melalui Ende pada Desember 2007 sebesar 7.609 orang atau naik 21,03 persen dibanding November 2007. Selama Januari-Desember 2007, jumlah penumpang 52.447 orang atau naik 18,66 persen dibanding periode yang sama 2006. Demikian pula, jumlah wisatawan mancanegara ke Taman Nasional Kelimutu pada Januari-Desember 2007 mencapai 3,671 orang, naik 3,38 persen dibanding tahun 2006. Indikasinya bagus.

Mudah-mudahan dengan rute IAT yang menghubungkan daerah tujuan wisata Bali, Lombok, dan Flores, arus wisatwan ke Flores semakin meningkat. Peningkatan ini tentu akan berdampak ganda, selain menguntungkan bisnis penerbangan IAT, juga mendatangkan rezeki bagi masyarakat Flores sendiri.

Karena itu, kita menyambut kedatangan IAT dengan penuh gembira. Kita menitip harapan agar IAT berkinerja bagus. Taati aturan yang ada, antara lain UU 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hormati hak-hak konsumen, seperti hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan. Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif. Serta hak untuk mendapat kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Selamat datang, IAT. Selamat melintas di langit Flores.

"Bentara" FLORES POS, Jumat 15 Februari 2008

Tidak ada komentar: